Cara Membuat Barcode Termudah untuk Kartu Nama Modern

Kartu nama masih belum bisa tergantikan meskipun zaman semakin modern. Memberikan kartu nama ke orang lain saat berkenalan masih sering dilakukan. Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh para pebisnis untuk mempromosikan diri sekaligus jasanya.

Tampilan kartu nama kini dibuat semakin modern contohnya adalah dengan hadirnya barcode atau qr code pada kartu nama. Barcode atau qr code ini berisi bermacam informasi yang lebih rinci. Misalnya nomor telepon, alamat email, situs website, dan masih banyak lagi. Apakah Anda tertarik untuk mengetahui cara membuat barcode di kartu nama.

Sekilas Tentang Barcode dan QR Code

Barcode memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan QR Code. Barcode, yang dalam bahasa Indonesia disebut kode batang merupakan sekumpulan data yang dapat dibaca oleh mesin khusus. Mesin yang digunakan untuk membaca barcode biasa dengan barcode scanner. Umumnya barcode berisi informasi tentang suatu produk yang dikemas. Namun barcode juga sering dijumpai pada dokumen penting.

Sedangan quick reader code atau yang lebih dikenal dengan QR Code merupakan pengembangan dari barcode. Pengembangan dilakukan dari barcode yang satu dimensi menjadi qr code yang dua dimensi. Kelebihan dari kode QR ini yaitu dapat menampung data yang lebih besar. Hal ini sejalan dengan perkembangan teknologi saat ini yang membutuhkan penyimpanan data besar.

Cara membuat barcode dan QR bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, Anda bisa membuatnya secara manual menggunakan bahasa pemrograman. Namun cara ini cukup rumit, terlebih jika Anda tidak memahami pemrograman. Kedua, Anda bisa menggunakan layanan dari situs penyedia barcode atau QR code generator. Sekarang, situs seperti ini mudah sekali dijumpai.

Pengertian dan Fungsi Kartu Nama

Kartu nama adalah sebuah kartu atau selembar kertas kecil yang berguna untuk memberikan informasi tentang individu atau perusahaan secara formal. Kartu nama lebih banyak berisi tentang nama pemilik, nama perusahaan, logo, alamat untuk surat menyurat, nomor telepon, alamat email, dan situs website. Kini kartu nama juga telah dilengkapi dengan barcode atau qr code untuk kesan yang lebih modern.

Barcode dan qr code mulai banyak digunakan karena dapat memuat informasi lebih banyak. Hal ini sangat membantu karena kartu nama tidak dapat memuat informasi yang terlalu banyak sebab ukurannya cukup kecil. Cara membuat barcode pun mudah dan semua orang bisa melakukannya.

Berikut ini beberapa manfaat dari kartu nama yang harus Anda ketahui:

  • Kartu nama dapat digunakan untuk memperkenalkan diri kepada relasi atau konsumen baru. Ini merupakan salah satu cara terbaik dan termudah untuk memperluas jangkauan pasar.
  • Profesional harus memiliki kartu nama. Sebab kartu nama merupakan strategi yang dapat diterapkan untuk semua orang.
  • Kartu nama dapat membuat orang lain lebih mudah untuk mengingat Anda. Biasanya orang akan menyimpan kartu nama, kemudian akan menghubungi Anda ketika dibutuhkan.

 

  • Cara Membuat QR Code

QR code merupakan pengembangan dari barcode yang dibuat menjadi dua dimensi dari yang sebelumnya hanya satu dimensi. Berikut ini cara membuat qr code dengan berbagai situs dan aplikasi.

  • Situs www.the-qrcode-generator.com

Situs ini menyediakan dua fitur utama, yaitu pembuatan QR code dan pemindaian QR Code. Untuk mendapatkan kode QR dari situs ini, Anda cukup mengisikan beberapa data yang ingin ditampilkan ketika kode QR Anda dipindai. Setelah itu akan muncul gambar kodenya dan dapat Anda simpan.

  • Bytescout Barcode Generator

Aplikasi ini dapat Anda install di windows. Bytescout Barcode Generator dapat digunakan sebagai cara membuat barcode, qr code, dan lainnya. Terdapat banyak jenis barcode yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Barcode dan QR code yang dihasilkan pun terdiri dari berbagai macam format antara lain .jpg, .png, .gif, .tiff, dan .bmp.

Cara Memasukkan Barcode pada Kartu Nama

Untuk memasukkan barcode pada kartu nama sangat mudah. Gunakan saja software atau aplikasi desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, maupun Corel Draw. Import gambar ke dalam lembar kerja dan sesuaikan caranya pada masing-masing aplikasi tersebut.

Jika Anda menggunakan jasa desainer grafis, Anda bisa memberikan gambar kode tersebut untuk dimasukkan ke dalam file kartu nama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.